Thursday, January 3, 2019

Pengalaman KKN,, The Interest Moment


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.
Dimulai pada tanggal 14 Desember 2018 lalu, semester VII Di Universitas Adurachman Saleh Situbondo  melaksanakan KKN di wilayah desa yang ada di kecamatan Panji, Situbondo.
Seluruh mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, yang masing-masing terdiri dari 20 sampai 23 orang.
Desa-desa yang di masuki oleh mahasiswa UNARS Situbondo, diantaranya. Desa Kendit, Panji Kidul, Panji Lor, Juglangan, Tenggir dan Curah Jeru. Saya masuk ke anggota kelompok KKN, yang ditugaskan di desa Curah Jeru.
Desa Curah Jeru adalah salah satu desa terbaik dikecamatan Panji, dengan Program Inovasi Desa yang diluncurkan oleh Para Gerakan Pemuda Sosial yang bertujuan untuk membangun desa melalui Dana Desa, Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama kapasitas aparatur desa dan masih lemah dalam kemampuan tata kelola desa. Program yang bakal menerjunkan tenaga pendamping ini bermaksud membantu aparat desa dan warga desa mempercepat peningkatan kesejahteraan desa.
Di desa ini juga terdapat berbagai usaha kecil menengah milik warga, diantaranya usaha kue basah milik ibu Zainiyah
Pengalaman saya mengikuti KKN sangat banyak sekali, yang pertama karena beberapa prody di campur dan di bagi kedalam kelompok, jadi dalam satu kelompok tidak hanya satu prody saja. Terdiri beberapa bidang program yaitu, bidang keagamaan, pendidikan, lingkungan, ekonomi Dan itu membuat kami yang asalanya jika bertemu saling acuh tak acuh, menjadi lebih akrab. Kekeluargaan menjadi satu yang terpenting dalam satu kelompok, menghilangkan perbedaan memang sedikit sulit, namun selama KKN, kami bukan lah mahasiswa PGSD, EKONOMI, ISIPOL atau Sastra Inggris, selama KKN kami memiliki nama yaitu Tim Insan Cita . Alhamdulillah sampai hari ini kami masih kompak
Kegiatan di mingu pertama, seperti biasa kami mengunjungi kantor desa Curah Jeru, bertemu dengan kepala desa dan staf yang membantu di sana, berkunjung ke rumah kepala RT/RW dan bersilaturahmi dengan penduduk desa. Karena masih minggu pertama kami masih sibuk bersilaturahmi kepada para tokoh di desa tersebut yaitu Tokoh Keagamaan, tokoh masyarakat dll.
Di minggu kedua, sekolah masih libur jadi kami mengadakan program (bidang pendidikan) bimbel bahasa Inggris di posko kegiatan dengan mengundang semua murid yang ada. Mungkin ini sudah biasa untuk saya karena sudah terbiasa mengajar, untuk teman-teman saya mungkin masih Kaku. Anak-anak sangat menggemaskan dan itu membuat suasana menjadi lebih mencair. Dan lagi, anak-anak desa Curah Jeru sangat ramah. Jika kami pergi berbelanja dan bertemu di jalan, mereka tak akan segan menyapa dan mengucapkan salam. Tak begitu spesial memang, tapi rasanya membahagiakan, kita merasa begitu diterima di desa ini.
Minggu ketiga, kami menjalani program-program yang belum terealisasikan seperti membantu salah satu usaha milik warga Curah Jeru untuk memproduksikan hasil olahan dalam acara Car Free Day (CFD) di alun-alun situbondo. Selain itu kita mengadakan Senam Aerobik dengan Perangkat Desa dan Warga. Kegiatan ini paling menyenangkan karena bisa saling bercanda selepas senam. Hingga hari ini Jum’at, 04 Januari 2018 kami akan mengadakan kegiatan Pramuka di salah satu sekolah dasar yaitu di MIN 1 Situbondo dan semoga acaranya lancar...
Bye.. next minggu berikutnya yaaa...


No comments:

Post a Comment